PSB | Jakarta – Banyak orang yang ingin bekerja sebagai satpam, namun tidak tahu bagaimana tata cara melamar pekerjaan menjadi satpam yang benar. Untuk melamar kerja sebagai satpam memang tidak sama seperti melamar pekerjaan lain, karena membutuhkan persyaratan khusus.
Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana caranya melamar kerja sebagai satpam lewat jalur yang benar sesuai ketentuan.
Persyaratan Menjadi Satpam
Sebelum kita ke cara melamar kerja, ada hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu yaitu apa saja persyaratan menjadi seorang satpam. Agar bisa bekerja sebagai satpam, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu :
Memiliki Ijazah dan KTA Satpam
Ijazah dan KTA atau Kartu Tanda Anggota adalah lisensi resmi yang dimiliki oleh seseorang yang dinyatakan lulus sebagai seorang satpam. Ijazah dan KTA tersebut diperoleh setelah mengikuti serangkaian pelatihan di lembaga pelatihan satpam terakreditasi.
Tanpa ijazah dan Kartu Tanda Anggota tersebut, seseorang tidak bisa melamar sebagai seorang satpam karena namanya tidak terdaftar.
Lolos Uji Seleksi
Pastinya akan ada banyak orang yang melamar menjadi seorang satpam di tempat yang sama. Maka dari itu, diadakan seleksi untuk menentukan siapa yang layak bekerja.
Anda harus bisa memberikan yang terbaik sehingga bisa diterima kerja di perusahaan tersebut. Jadilah yang terbaik diantara yang baik.
Cara Melamar Pekerjaan Menjadi Satpam
Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, barulah Anda bisa mencoba peruntungan melamar kerja sebagai seorang satpam. Berikut ini tata cara dan prosedur melamar kerja satpam yang bisa Anda lakukan :
Mempersiapkan Berkas
Langkah pertama yang tentu saja harus Anda lakukan adalah mempersiapkan berkas-berkas penting untuk melamar kerja. Adapun berkas yang dimaksud seperti surat lamaran kerja, Curriculum Vitae (CV), termasuk ijazah dan KTA Satpam.
Jangan sampai ada yang tertinggal saat penyerahan berkas-berkas tersebut karena semuanya sangat dibutuhkan.
Mulai Cari Lowongan Kerja
Jika semua berkas yang berhubungan dengan lamaran kerja sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mulai mencari lowongan kerja sebagai satpam. Anda bisa memanfaatkan situs lowongan kerja seperti Jobstreet, Indeed, LinkedIn, ataupun yang lainnya.
Di website tersebut, ketikkan saja kata kunci “satpam”. Nantinya akan muncul daftar loker untuk posisi satpam di berbagai perusahaan.
Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mengetahui tentang gajinya. Silakan pilih mana yang paling pas untuk Anda.
Atau alternatif lain, Anda bisa bertanya dengan rekan atau saudara siapa tahu mereka mengetahui ada loker satpam.
Mulai Mengirimkan Berkas-Berkas
Setelah menemukan lowongan kerja dengan tawaran gaji yang cocok, Anda bisa memulai mengirimkan berkas-berkas lamaran kerja yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Perhatikan bagaimana ketentuan pengiriman berkas.
Karena ada perusahaan yang mengharuskan calon pengirim mengirim langsung surat lamaran ke kantor (on site). Sebagian perusahaan lainnya cukup dikirim melalui email HRD perusahaan.
Ikuti Tahapan Selanjutnya Sampai Selesai
Tahapan selanjutnya melamar sebagai seorang satpam adalah mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya. Setiap perusahaan mempunyai kebijakan berbeda-beda soal rekrutmen satpam. Ada yang masih harus mengikuti tes fisik, tapi ada juga yang langsung wawancara.
Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik supaya bisa mengikuti proses seleksi selanjutnya dengan sangat baik.
Tanda Tangan Kontrak
Tahapan terakhir, pastikan Anda melakukan tanda tangan kontrak sebagai perjanjian hitam di atas putih. Tapi sebelum itu, jangan lupa baca isi seluruh perjanjian kontrak yang sudah ditulis perusahaan.
Itulah dia cara melamar pekerjaan menjadi satpam. Butuh ijazah dan KTA Satpam? Mulailah dengan mengikuti pusdiklat resmi di Panglima Siaga Bangsa.